Minggu, 26 Januari 2014

Hambatan Psikologi Dalam Interpersonal Online Relation

Seiring dengan berkembangnya ketertarikan interpersonal dalam dunia internet muncul lah suatu hubungan dekat seperti pertemanan, murid-guru, kelompok, hubungan kerja, bahkan hubungan kekasih. Dengan adanya internet, orang dapat melakukan komunikasi dengan orang lain atau bahkan dengan beberapa komunitas sekaligus dengan mudah seperti, chatting online dengan fasilitas beberapa room yang tersedia memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi secara bersamaan, atau beberapa komunitas website (social networking) seperti Friendster, MySpace, Facebook, atau Twitter memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mengekspresikan dirinya ke publik.
Beberapa individu lebih merasa dirinya nyaman bila bertemu dengan teman di dunia maya dibandingkan teman dalam dunia nyata. Karena biasanya orang yang nyaman bertemu dengan teman di dunia maya beranggapan bahwa mereka lebih bisa mengekspresikan dirinya melalui kata-kata (tulisan) dibandingkan melalui percakapan. Sebuah hubungan interpersonal didasarkan pada tingkat pemahaman teks-teks (kalimat) menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa orang, tidak perlu takut dalam mengungkapkan argumentasi, malu dan merasa bebas dalam mengekspresi dirinya dimana pada kenyataan sehari-hari dalam dunia nyata adalah hal yang sulit mengungkapkan perilaku tersebut pada orang asing yang baru kita kenal.
Namun dalam hubungan interpersonal yang dijalin via internet ini tidak sepenuhnya lancar dan aman. Dalam hubungan yang dijalani secara online ini tentunya memiliki beberapa hambatan, yaitu:

Kurang Berlakunya Norma dan Etika, sering jika kita berkunjung ke sebuah situs  dimana situs tersebut memberikan informasi tentang suatu hal mengenai suatu agama, ragam, atau suku kemudian kita akan menemui komentar orang-orang dimana pada komentar tersebut menjelek-jelekkan suatu RAS, baik komentar pro ataupun kontra.
Tidak adanya kedekatan emosional antara kedua orang yang menjalin hubungan via internet karena tidak melihat wujud fisik dari lawan bicaranya.
Hubungan Virtual  Dapat Mempengaruhi Kemampuan Berbicara, karena komunikasi yang dilakukan hanya dengan tulisan bukan dengan percakapan sehingga dapat mempengaruhi kemampuan dalam berbicara. Biasanya hubungan yang dijalani secara online ke kehidupan nyata lebih sulit dibandingkan hubungan yang awalnya dijalankan di kehidupan nyata.

Banyak kebohongan yang terdapat dalam penggunaan media virtual karena tidak dapat melihat gerak-gerik maupun gesture yang diungkapkan dalam non verbal dari lawan bicaranya dan pesan yang disampaikan tidak dapat sepenuhnya dipertanggungjawabkan karena tidak ada bukti yang otentik.


Kelompok 2:

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Hello Kitty 13