Minggu, 18 November 2012

FROM DREAMS TO REALITY

Reach your dreams, don't wait for them to come to you. Ini dia step by step membuat mimpi menjadi kenyataan. So let's begin!


1. Be spesific
    Tanya pada diri sendiri, apa yg benar-benar kita impikan? Kalau masih bingung jawabannya, panduan berikut ini bisa membantu.
  •  Berawal dari hobi. Jadi, coba ingat-ingat lagi apa yg paling senang kita lakukan? Membaca, main music, atau jalan-jalan? One thing for sure, sleep is not an option.
  •  Kalau sudah mengikuti ekskul atau kegiatan di sekolah, berarti sudah selangkah lebih maju dalam meraih cita-cita. Karena, pasti ada minat dan passion kita di ekskul pilihan kita.
  • Merasa punya banyak minat? Kalau bias menjalani semuanya, go for it. Buat yang ingin focus, tetapkan satu minat yang paling di sukai atau lebih menonjol dari yang lain.
2. Make a list of steps
A journey of a thousand miles begins with a single step. Jadi, selain big dream yang menjadi cita-cita selama ini, bagi tujuan tadi menjadi mini goal. Sebagai gambaran, untuk yang bercita-cita menjadi dokter, langkah yang perlu di lewati antara lain lulus SMA, ikut tes masuk kedokteran, dan seterusnya. Semakin terperinci steps yang di buat, semakin mudah mengikuti langkah menuju cita-cita.

3. Get in the action
List di atas cuma sekadar daftar jika tidak di lakukan. Jadi, ayo bertindak dan jangan pasif dengan tidak melakukan apa-apa. Don’t just wait for things to happen.

4. Don’t expect the easy way
Challenge will await as you pursue your dreams. Jangan takut duluan jika ada masalah yang menghampiri. Anggap saja masalah yang ada merupakan jalan yang harus di lewati supaya sampai ke tempat tujuan, yaitu kesuksesan. Remember, the process of fulfilling your dream is an adventure. And, you can still have fun along the way.

5. Re-examine your dreams
Secara berkala, tinjau lagi sejauh mana aksi kita dalam mewujudkan mimpi. Seiring waktu berjalan, keadaan bisa berubah karena perubahan karakter yang lebih dewasa juga bisa membuat impian berubah, lho.

6. Alternative plans
Setelah mengecek kembali perkembangan mimpi kita, it’s time to make decision.
·         Kita memilih mimpi baru? Berarti harus siap kembali lagi ke langkah awal.
·         Pilihan tetap mengejar impian? Biar lebih semangat, yuk cari motivasi baru yang membuat kita bisa lebih fokus untuk meraih cita-cita.
·         Jika yang di langkah awal punya banyak minat, sekarang saatnya menjalankan rencana alternative. Lakukan prioritas dengan menjadikan rencana ini menjadi mimpi yang utama. Get in to action, stay consistent and don’t stop until you’ve reached your dreams.

7. Learn and take advices
Proses mewujudkan mimpi tidak lepas dari proses belajar. Ambil les dan kursus kalau memang di perlukan untuk mengatasi hambatan yang kita temui. Tidak ada salahnya juga bertemu orang yang bisa membantu dan dengarkan saran dari mereka. But, use your common sense and reason before accepting anything.

8. Yay, you make it
Kamu berhasil meraih mimpi. Great! Now, what’s next? Tentu saja mencoba mewujudkan mimpi yang baru, karena the successful person is the one who never stops pursuing dreams.

Sumber: Majalah cosmogirl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Hello Kitty 13